Sunday, December 13, 2009

sejara dan personil peterpan



















Pada tahun 1997, Andhika (kibor) membentuk band Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), serta teman mainnya, Abel (bas) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits alternatif. Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Andika mengumpulkan kembali personel Topi di tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang oleh Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melody, maka diajaklah Loekman, teman kakak Indra, yang akhirnya jadi lead guitar (gitar utama). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun mengambil nama peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah dari café ke café di Bandung. Mereka bermain di café O'Hara dan Sapu Lidi dengan membawakan lagu-lagu top 40, serta alternative rock seperti Nirvana, Pearl Jam, Cold play, U2, Creed, dll. Saat di café Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat oleh Kang Noey (basis Java Jive) yang sedang mencari band untuk mengisi album kompilasi. Dari tiga lagu yang dikirim untuk demo, "Sahabat", "Mimpi Yang Sempurna", dan "Taman Langit", terpilih lagu "Mimpi Yang Sempurna" untuk dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tersebut menjadi jagoan album ini dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.












Terlahir sebagai Nazril Irham di Pangkalan Brandan, 16 September 1981 dari 3 bersaudara. Anak ketiga yg hobi banget sport ini dulunya bercita-cita pengen jadi arsitek. Sebelum peterpan menjadi a phenomenon band, Ariel masih tercatat sebagai mahasiswa jurusan Architecture di Universitas Parahiyangan, Bandung.

Ariel yg suka banget menggambar ini memang jago main gitar dan sudah sering buat lagu semenjak SMP. Tapi baru di SMA lah dia mulai serius menulis lagu, lagu pertama yg dia tulis waktu SMA itu berjudul Menunggumu yg ada di album Chrisye, Senyawa (Dibawakan kolaborasi peterpan dan Chrisye). Pada saat Andika, mengajak dia untuk bergabung dalam band, Ariel setuju dan mungkin emang sudah takdir, akhirnya sekolah di tinggalkan dan sekarang kosentrasi bermain musik dengan peterpan.

Sudah banyak pengalaman Ariel selama gabung dengan peterpan, menurutnya sih lebih banyak assyik dan enaknya dari pada buruknya. Walau jadwal yg padat sudah menjadi hari-harinya, Ariel gak nyesel menjadi bagian dari peterpan. Ada beberapa pengalaman paling buruk dengan peterpan, salah satu yg di ingatnya adalah di cakar oleh fans sampai berdarah.

Keseharian Ariel kalo gak ada jadwal dengan peterpan dia luangkan di rumah dengan keluarganya dan masih teteup suka main games. Selama break bulan Juni-July kemarin, Cowok yg suka banget baca buku-buku karangan Kahlil Ghibran itu ikutan repot beresin base camp peterpan yg baru. Di samping ikut memilih warna cat dan mendesain ulang base camp nya, Ariel juga mendesain beberapa furniture yg ada di base camp. Base camp baru itu sekarang sudah rapih dan kalau ada waktu luang, Ariel terus merapikan tempat hang out peterpan itu.










Loekman Hakim, yang lahir di Cianjur pada tanggal 30 Desember ini dulunya punya hobbi main bola. Setiap hari Loek pasti main bola di lapangan bareng temen-temennya. Setelah lulus SMA, Loek mulai suka main musik dan alat musik yang di minati adalah gitar. Dari petikan gitarnyalah musik peterpan mempunyai warna musik yang unik dan menarik. Pertemuan dengan peterpan terjadi pada tahun 2000, saat band rancangan Andika ini mencari seorang gitaris tambahan untuk bersanding dengan Uki.

Alasan Loek mau bergabung dengan peterpan saat itu karena Loek sudah mengenal Ariel terlebih dahulu dan melihat ada titik terang dengan peterpan. Loek yang kalem banget ini sering di daulat oleh fansnya untuk lebih beraksi lagi di panggung . Tapi Loek dengan santai dan percaya diri meyakinkan kalau menjadi diri sendiri di panggung akan lebih baik hasilnya dan enojy tanpa beban.
















Ilsyah Ryan Reza lahir pada tanggal 11 Maret 1977 di Poso ,Sulawesi Tengah.
Ilsyah Ryan Reza pergi meninggalkan kota kelahirannya untuk kuliah di Bandung kemudian bergabung dengan Peterpan pada tahun 2001 untuk menggantikan Ari sebagai drummer baru di band tersebut, sapaannya yang paling akrab ialah Reza.

Reza merupakan seorang yang getol dalam bermusik hal itu terlihat sejak dia masih bergabung dalam grup band sebelumnya yang berasal dari Bandung juga seperti Black Forest dan bergamnti nama menjadi "REALACT". Pada Saat masih di grup Realact inilah Reza menjadi drumer Audisional Peterpan sebelum peterpan menjadi besar seperti sekarang ini. sebab realact dan peterpan adalah merupakan teman bermain dan kadang beberapa personil peterpan juga diminta untuk membantu grup Realact jika salah satu personil mereka berhalangan dan yang paling sering diminta adalah Reza untuk mengisi sebagai drumer petrpan hingga akhirnya masuk menjadi personil paten di peterpan.














Lahir di Bandung dengan nama lengkap Mohammad Kautsar Hikmat, bergabung dengan peterpan karena memang semenjak di SMP, Uki seneng banget main musik. Ngefans banget sama kakak beradik Liam dan Noel Ghallager dari band Oasi






Nama Lengkap : Nazril Irham
Nama Panggilan : Ariel
Posisi di Band : Vocal
TTL : Pangkalan Brandan / 16 September 1981
Hoby : Musik, Olah Raga, Gambar
Cita-cita : Arsitek
Zodiak : Virgo
Tinggi / Berat : 167 Cm / 59 Kg


Nama Lengkap : Lukman Hakim
Nama Panggilan : Loekman
Posisi di Band : Guitar
TTL : Cianjur / 30 Desember 1976
Hoby : Olah Raga, Jalan - jalan, Makan
Cita-cita : Menjadi orang yang sangat berguna
Zodiak : Capricornus
Tinggi / Berat : 174 Cm / 56 Kg

Nama Lengkap : Ilsyah Ryan Reza
Nama Panggilan : Reza
Posisi di Band : Drummer
TTL : Poso / 11 Maret 1977
Hoby : Basket, Musik, Surfing
Cita-cita : Pengen membahagiakan Mama
Zodiak : Pisces
Tinggi / Berat : 168 Cm / 54 Kg

Nama Lengkap : Mohammad Kautsar Hikmat
Nama Panggilan : Uki
Posisi di Band : Guitar
TTL : Bandung / 5 Oktober 1981
Hoby : Basket, Musik
Cita-cita : Insinyur Teknik Sipil
Zodiak : Libra
Tinggi / Berat : 167 Cm / 55 Kg

0 Comments:

Post a Comment